KPU BEA DAN CUKAI TIPE A TANJUNG PRIOK

Profil KPU


Dalam rangka mengoptimalkan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) di bidang fasilitator perdagangan, perlindungan dan dukungan industri, perlindungan masyarakat, penerimaan negara, dan pelayanan kepada pengguna jasa kepabeanan dan cukai, serta efektifitas dan citra organisasi guna mewujudkan good governance pada DJBC, dipandang perlu untuk melakukan suatu perubahan meliputi organisasi, sistem dan prosedur, serta SDM. Melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 68/PMK.01/2007 tanggal 27 Juni 2007, dibentuklah kantor modern pertama di lingkungan DJBC yaitu Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok yang merupakan hasil peleburan dari Kantor Wilayah IV DJBC Jakarta, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tanjung Priok I, KPPBC Tanjung Priok II, dan KPPBC Tanjung Priok III.

Pembentukan KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok yang diresmikan pada tanggal 2 Juli 2007 merupakan salah satu wujud pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang telah diaktualisasikan dengan upaya-upaya peningkatan kualitas layanan kepada pengguna jasa kepabeanan dan cukai serta pengawasan yang lebih efektif.

Untuk mencapai visi dan melaksanakan misi organisasi perlu ditetapkan tujuan dengan perumusan sasaran dan kebijaksanaan, program serta kegiatan yang akan dilaksanakan. Tujuan yang ditetapkan harus jelas, berjangka waktu, dan merupakan jawaban dari prioritas atas permasalahan yang teridentifikasi dalam kajian lingkungan internal dan eksternal.

Tujuan KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok sebagai implementasi atas reformasi birokrasi Kementerian Keuangan RI antara lain mengoptimalkan peran utama DJBC, Memberikan Pelayanan yang cepat, efisien, responsif dan transparan berdasarkan prinsip “Good Governance”, Meningkatkan hubungan kemitraan dan kepatuhan mitra kerja DJBC serta meminimalkan biaya pemenuhan kewajiban kepabeanan dan cukai (compliance cost).

Agar tercapainya tujuan tersebut, diperlukan suatu komitmen untuk melakukan perubahan baik dari internal DJBC khususnya KPU Bea dan Cukai Tipe Tanjung Priok serta dukungan dari stakeholders, pengguna jasa, pihak-pihak yang terkait serta masyarakat.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 68/PMK.01/2007 yang diperbarui dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.01/2009 tanggal 8 April 2009, Kantor Pelayanan Utama mempunyai tugas melaksanakan pelayanan, pengawasan, penelitian atas keberatan serta audit di bidang kepabeanan dan cukai dalam daerah wewenangnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kunci utama keberhasilan pelaksanaan kinerja KPU BC Tanjung Priok didukung kinerja SDM yang responsif dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Karenanya, KPU BC Tanjung Priok memastikan para pegawai memiliki komitmen kuat dan terus meningkatkan integritas, kompetensi, profesionalisme, motivasi, dan teamwork yang kuat serta pemantauan kinerja yang berdasarkan pada indikator kinerja utama

Optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana serta teknologi informasi dan komunikasi terus diupayakan sebagai pendukung kinerja hingga pada akhirnya KPU BC Tanjung Priok dapat terwujud sebagai kantor yang modern dan sejajar dengan institusi kepabeanan dunia

Dengan semangat integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan, KPU BC Tanjung Priok siap memberikan pelayanan prima dan pengawasan yang efektif.

Eselon I Kementerian Keuangan